Rabu, 04 Januari 2012

"SABAR" itu Penting

Lo suka marah marah sama temen atau pacar lo? cuman gara gara masalah sepele, kaya dia lupa sms lo di pagi hari, lupa nanyain kabar lo, atau lupa ngingetin lo buat makan? emosi lo tiba tiba meledak ga karu karuan, terus nyuekin dia abis abisan bahkan sampe marah marah ga jelas? Apa itu hal yang ga wajar? Engga !!
Ungkapan perasaan yang disebabin karena lo kesel banget itu manusiawi, karna itu tandanya lo emg ga suka sama perlakuan orang itu. Tapi sebaiknya lo ngungkapin rasa kesel itu tetep dalam taraf wajar, ga over dosis, sampe sampe nyebabin kejang kejang dan epilepsi(mulai nglantur). Menurut gue, ga ada salahnya marah, asal lo tetep bisa ngendaliin diri lo sendiri.


Kalo gue liat liat, gue perhatiin, bahkan gue sendiri juga udah praktekin. Jaman sekarang remaja itu liberal banget dalam ngungkapin perasaannya, dipermudah dengan adanya "Social Network" seperti "Facebook" dan "Twitter", di akun gue banyak banget orang orang yang suka curcol, galau, marah marah lewat akunnya sendiri. Terutama di twitter, banyaaaaaaakk banget yang ngebacot disana, ngegalau disana. Kalo di pikir pikir twitter itu udah kaya "buku diary online" yang bisa diakses siapa aja dan dimana aja.
Di saat lo kesel, lo emosi, lo marah sama seseorang, elo ungkapin semua perasaan lo disana dalam keadaan emosi, semua kalimat yang keluar ga ada filternya sama sekali, sampe sampe rahasia yang seharusnya ga boleh ada yang tau lo sampein disana, apa lo ga mikir "dimana lo lg curhat? sapa aja yang bisa liat? apa dampak negatifnya? apa dengan cara kaya gini masalah lo bisa selesai?" Ya, itu pertanyaan yang mesti lo pikir bolak balik sebelum elo bener bener yakin mau ngungkapin emosi lo. Itu sebabnya lo mesti bisa ngendaliin diri lo dan tetep sabar dalam ngadepin berbagai macem masalah.


Kalo lo uda bisa ngendaliin diri lo dengan baik, maka lo bakal dapet penilaian yang baik dari orang orang di sekitar lo. Mereka bakal nilai lo sebagai orang yang nyenengin, karna lo udah bersikap sabar nanggepin segala hal yang buruk. Di samping itu sabar juga bisa jadi tanda kalo lo adalah orang yang udah punya sikap dewasa.
Kalo lo udah mau lepas kontrol, ga ada salahnya lo buat bercermin sama orang orang yang punya kesabaran tingkat nasional. Coba pelajari gimana caranya orang itu ngadepin masalah yang ada, dan gimana langkah langkah yang mereka lakuin buat nyelesein masalah itu.
Mungkin dengan curhat sama orang yang lo nyaman cerita sama dia, bakal ngebantu lo lebih terbuka dalam berfikir. Banyak batu ganjelan yang bisa lo taklukin dengan curhat atau tuker informasi sama orang yang uda lo percaya, dr pada lo nge-junk di social network. Dari situ lo ga akan selamanya terkungkung oleh dunia pikiran remaja yang sempit, yang bisanya cuman emosi tanpa berfikir, yang nyebabin lo jadi orang yang suka lepas kendali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar